Road to Festival Kopi Temanggung ke-6, Ajang Mahasiswa PGMI Kuliah Kewirausahaan

Temanggung-pgmi.inisnu.ac.id-Mahasiswa PGMI INISNU Temanggung ikut memeriahkan Road to Festival Kopi Temanggung ke-6 di Sepodang Rest Area, Mangunsari, Ngadirejo pada Minggu (28/11/ 2021).

Kegiatan itu dihadiri BPC Himpuan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Temanggung, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki semangat dalam pengembangan produk usaha, terutama kopi sebagai produk unggulan Temanggung. Road to Festival Kopi Temanggung ke-6 juga dihadiri Dosen PGMI serta Bapak Irawan Prasteyadi, S.Si., M.Par.

Menurut beliau , ajang festival kopi yang sudah berlangung sampai jilid enam, akan menjadi media penjajakan dan pengenalan komoditas Temanggung agar mampu dinikmati masyarakat umum Kabupaten Temanggung. “Pegusaha muda, termasuk pula mahasiswa harus memiliki skill dalam pengembangan usaha sehingga mampu menggerakan roda perekonomian Temanggung melalui inovasi dan kreativitas.”  
Selain itu “tidak hanya sebatas bagaimana kita memperoleh bahan, namun tentang How to Sell Product unggulan kita, Ujar mantan wakil bupati Kabupaten Temanggung itu.

Semarak Road to Festival Kopi Temanggung ke-6 turut di meriahkan pertunjukan Topeng Ireng, dan Jaran Kepang. Kegiatan dilanjutkan dengan talk show dengan narasumber, gelar produk UMKM Temanggung, serta ngopi dan nglinting bareng.

Acara tersebut diharapkan menumbuhkan jiwa entreprenurship Mahasiswa PGMI INISNU Temanggung. Mereka melakukan observasi dan wawancara terhadap pelaku UMKM mulai dari strategi pengolahan komoditi, pemasaran dan juga control relasi jaringan yang dilakukan dalam mempertahankan sebuah usaha yang dibangun.

“Sebuah usaha yang sudah terbentuk tentunya akan mengalami pelbagai tantangan, dan hambatan yang terkadang akan sampai pada titik terbawah. Namun, dalam menjalankan usaha tersebut bagaimana kita mampu melihat peluang, mengelola relasi atau jaringan kita, jangan jadikan pesaing sebagai kendala, namun jadikan mereka sebagi mitra usaha yang mampu menjadi patokan peningkatan kualitas produk usaha kita, ujar Dede salah satu pelaku UMKM di festival tersebut.

Pjs Kaprodi PGMI, Andrian Gandi W, menyampaikan tujuan kegiatan ini dalam rangka mendukung profil lulusan tambahan Mahasiswa PGMI. “Dalam mencapai profil tambahan, Prodi PGMI melibatkan dosen tamu selaku CEO dan Founder dari Perusahan. “Kami hadirkan dosen tamu selaku CEO, founder di bawah naungan BPC HIPMI Temanggung agar memberikan pengatahuan dan kecakapan langsung kepada mahasiswa kami dalam memahami konteks kewirausahaan. Selain itu, mahasiswa PGMI juga kami libatkan dalam kegiatan Road to Festival Kopi Temanggung ke-6 yang diselenggarakan oleh BPC HIPMI Temanggung dan Bumdes Mangunsari.” Papar Fasprof Sains itu. (IN)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *