Perkuat Skill Wirausaha, HMPS PGMI Gandeng HIPMI Adakan Seminar Kewirausahaan

Pada hari Sabtu, tanggal 4 maret 2024, HMPS PGMI INISNU Temanggung gandeng HIPMI Temanggung pada kegiatan seminar kewirausahaan dengan tema “Strategi Sukses Membangun Bisnis Di Era Gen Z”. Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut adalah oleh Ibu Zidni Naila M., S.I.Kom. direktur PT IZI Global Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung PC NU Temanggung tersebut diikuti oleh 35 Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan dimoderatori oleh Ghaida Mutmainnah Mahasiswa PGMI Semester 4.

Kegiatan dimulai pukul 09.00. Sebelum rangkaian seminar kewirausahaan dimulai, terlebih dahulu diadakan mujahadah bersama peserta dan panitia yang dipimpin oleh Bapak Abdullah Qofin, M.Ag. dosen PGMI INISNU Temanggung. Melalui mujahadah bersama ini, diharapkan seluruh rangkaian acara seminar dapat berjalan lancar dan mendapat berkah-Nya. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut. “HMPS merupakan wadah bagi mahasiswa untuk berproses, berkembang dan berkreasi. Dan kegiatan ini menjadi bukti bahwa mahasiswa dapat mengembangan tiga komponen di atas. Kegiatan Ini merupakan kegiatan yang sangat representatif khususnya bagi mahasiswa PGMI dengan profil lulusan teacherprenur. Harapannya, kegiatan semacam ini bisa terus dikuatkan dan dijalankan meskipun dalam bentuk lainnya”.

Selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh Ibu Zidni Naila M. Beliau menjelaskan bahwa dalam berwirausaha harus ada modal. Modal tersebut tidak hanya berupa uang, namun juga waktu, niat, dan keinginan. Dalam berwirausaha ada 2 kekuatan yang harus dimiliki, yaitu: Lingkungan yang support tidak toxic dan Relasi.

Selain itu dalam berwirausaha ada 2 hal penting yang harus dikuasai oleh pebisnis, yaitu :

  1. Konsep STP (Segmenting, Targeting, Postisioning)

Segmenting maksutnya yaitu mempetakan target seperti : usia, ekonomi, geografi,dan gender. Targeting maksutnya yaitu dari hasil pemetaan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa yang menjadi target dari bisnis itu siapa. Postisioning yaitu slogan dari produk tersebut apa. Tujuannya yaitu agar produk lebih menarik dan banyak diminati.

  1. Marketing MIX. Dalam hal ini ada 4, yaitu : produk, price, place, dan promotion.

Untuk yang terakhir beliau memberikan tips dan trik bagi yang mau berbisnis, diantaranya yaitu: Penampilan No 1 (Penampilan disini tidak hanya dalam produk tetapi juga pada pemiliknya), Harus bisa menyesuaikan gaya berbicara, Diadakan diskon pada produk, Menerapkan sistem gratis ongkir, Ketika ada orang yang bertanya produk yang tidak ada, maka jawabnya harus habis bukan tidak menjual produk tersebut atau tidak ada, Membuat story sould out di sosmed.

Membawakan materi dengan gaya santai, asyik dan unik sangat tepat untuk menginspirasi dan membangun mahasiswa. Dengan gaya tersebut membuat mahasiswa semangat tidak mengantuk. Pesan yang disampaikan adalah Jika ingin berbisnis maka jangan takut gagal.

Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *