
Pgmi.inisnu.ac.id_ Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung (INISNU) menggelar kegiatan kuliah pakar kepramukaan yang diikuti oleh mahasiswa Semester 5. (Selasa, 14 Oktober 2025)
Kedasih Kindungjati, S.Pd. merupakan aktivis pramuka lulusan Universitas Tidar yang menjadi narasumber dalam kegiatan kuliah pakar ini. Ia membawakan materi tentang “Kreatifitas dan Inovasi dalam Kegiatan Pramuka Siaga”. Dalam paparannya Kak Kedasih juga menjelaskan tentang Kepanduan dan Kepemimpinan Siaga Pramuka.
Para peserta dari kuliah pakar ini memberikan respon positif terhadap materi yang disampaikan oleh Kak Kedasih. Banyak dari mahasiswa yang terinspirasi dari wawasan dan pengalaman kepramukaan dari kak Kedasih. Kegiatan kuliah pakar ini memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk berdiskusi, berbagai pengalaman tentang kepramukaan dari kegiatan pramuka semasa SMA. Dengan demikian, mahasiswa menggali pengetahuan dari berbagai pengalaman kepramukaan yang pernah diikuti oleh mahasiswa pada jenjang sebelumnya. Diskusi interaktif selama perkuliahan ini menunjukkan tingginya minat mahasiswa terhadap materi yang di bahas.
Kuliah pakar ini menjadi salah satu kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) INISNU Temanggung untuk meningkatkan kualitas di bidang kepramukaan. Maka, tujuan kegiatan kuliah pakar kepramukaan ini yaitu agar mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kepramukaan.
Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menjelaskan bahwa kuliah pakar merupakan program rutin setiap semester. “Topik kali ini memfokuskan pada pembinaan materi kepramukaan bagi calon guru MI/SD yaitu tentang kepanduan dan kepemimpinan siaga pramuka,” ujarnya.
Kuliah pakar ini diikuti oleh mahasiswa semester 5, dimana perkuliahan kepramukaan ini merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa Progam Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) INISNU Temanggung. Kegiatan kuliah pakar ini, diselenggarakan secara luring atau pertemuan langsung dengan mahasiswa. Antusias mahasiswa begitu tinggi ketika perkuliahan kepramukaan di pandu langsung oleh pakarnya.
Kegiatan kuliah pakar ini, selain pemberian materi juga memberikan bebarapa ice breaking dan lagu-lagu kepramukaan kepada mahasiswa, sehingga perkuliahan oleh pakar ini menjadi lebih hidup dan membangkitkan semangat jiwa pramuka mahasiswa. Sesi diskusi juga berlangsung dengan interaktif dan produktif hingga akhir perkuliahan berlangsung.
Kegiatan kuliah pakar kepramukaan ini diharapkan dapat memperkuat jiwa kepemimpinan mahasiswa, meningkatkan keterampilan komunikasi, meningkatkan kreativitas dan inovasi, keterampilan dalam problem-solving, meningkatkan rasa kepercayaan diri, megembangkan keterampilan mengajar yang kreatif.(i*)