Perkuat Pemahaman Literasi, HMPS PGMI Adakan Kegiatan Diskusi Bareng Ramadan (DISBAR)

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ( PGMI ) INISNU Temanggung adakan diskusi bareng bersama dosen PGMI INISNU TEMANGGUNG dengan tema “Tantangan Membangun Komunitas Literasi Di Era Digital” yang dilaksanakan di Gedung Pasca Sarjana INISNU Temanggung pada hari Sabtu, 30 Maret 2024 pukul 08.00-11.30. Adapun Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Ibu Farinka Nurrahmah Azizah, M,Pd.  Selaku Dosen PGMI INISNU Temanggung. Kegiatan DISBAR dipandu oleh Anisa Rejeki mahasiswa PGMI semester IV INISNU Temanggung selalu MC dan Fitria Agustin mahasiswa PGMI semester IV INISNU Temanggung sebagai moderator. Kegiatan diskusi tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan HMPS selama Ramadan.

Diskusi dimulai pukul 09.00 wib, dibuka oleh mc dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya bersama seluruh peserta diskusi. Kemudia sambutan Kaprodi PGMI Temanggung, Ibu Faizah,S.Pd.I,M.Pd dalam sambutannya beliau menyampaikan “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa PGMI, selain untuk mengembangkan wawasan keilmuan juga untuk mempererat tali salirurrahim”.

Selanjutnya, kegiatan diambil oleh moderator dan dilanjutkan pemaparan materi dari Ibu Farinka Nurrahmah Azizah, M,Pd. Beliau memaparkan tentang latar belakang Komunitas Literasi Di Era Digital dan Tantangan Membangun Komunitas Literasi Di Era Digital. Beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa sebagai calon pengajar untuk membentuK komunitas literasi dan gemar membaca supaya berpengetahian luas.

Pemateri juga menjelaskan memaparkan “Hasil PISA pada tahun 2022 terkait literasi membaca, menunjukkan peringkat Indonesia naik 5 posisi dibandingkan tahun 2018. Meskipun demikian, Indonesia masih menduduki peringkat 11 terbawah dari 81 Negara yang ada di data” Papar Ibu Farinka.

Beliau juga menjelaskan bahwa mahasiswa sekarang harus kreatif dan mampu mengembangkan kemampuan literasi. Perkembangan teknologi era 21 dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Namun dalam hal ini, kita juga harus mahir memfilter informasi, baca dulu isi beritanya dan jangan mudah terprofokasi dan menyimpulkan.

Diskusi ditutup dengan kesimpulan dari moderator “Literasi ini memiliki peran penting untuk mendukung gerakan literasi masyarakat. Namun, komunitas literasi menghadapi berbagai tantangan. Untuk menghadapi tantangan Komunitas literasi perlu membangun pilar-pilar kesuksesan” ujar Fitria Agustin Dengan adanya diskusi semacam ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan memperluas wawasan mahasiswa, serta menginspirasi mahasiswa untuk membangun komunitas literasi dan gemar mambaca. Penting bagi kita untuk giat membaca karena dengat membaca kita dapat menulis dan bisa menciptakan karya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *