INISNU Temanggung Kembali Gelar Workshop Publikasi Ilmiah Mahasiswa

INISNU Temanggung- Dalam rangka meningkatkan jumlah kualitas penulisan karya ilmiah dan publikasi ilmiah Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanngung adakan workshop publikasi ilmiah untuk mahasiswa yang bertempat di aula INISNU Temanggung pada Selasa (24/05). Kegiatan ini menghadirkan empat narasumber yaitu Hamidullah Ibda., S.Pd.I., M.Pd, Andrian Gandi Wijanarko., M.Pd, Dr. Husna Nashihin, M.Pd.I dan Sigit Tri Utomo, M.Pd.IWorkshop ini diikuti oleh mahasiswa INISNU Temanggung yang amayaritas mahasiswa tingkat akhir.

Muh Syafik., M.Hum., selaku Wakil Rektor III bidang penelitian, pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat, menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan karya ilmiah mahasiswa. Menurutnya, mahasiswa diusahakan harus memiliki artikel yang dipublikasikan di jurnal ilmiah bereputasi.

Mebawakan materi strategi dan penggunaan aplikasi manajemen referesni (Mendeley/Zetero) Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini menyampaikan bahwasanya “Penggunaan aplikasi ini mampu mempraktiskan mahasiswa dalam menuliskan rujukan atau sumber referensi terkait.” Ujar Gandi.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi metodelogi penelitian terkait pengubahan skripsi menjadi artikel ilmiah. Husna membuka paparanya dengan penjelasan bahwa karya ilmiah berupa skripsi atau jurnal ilmiah merupakan hilirisasi dari penelitian. “Pentingnya pemahaman terhadap topik yang ditulis dan memahami strategi dalam mempraktikan berbagai tips menulis artikel untuk jurnal ilmiah yang dipublikasi melalui open jurnal system (OJS)”. Dalam pemaparan pemateri ketiga oleh Bapak Sigit Triutomo., M.Pd., terkait teknik penulisan, memilih jurnal dan submit yang perlu digaris bawahi dalam menulis dalam publikasi online juga harus memperhatikan tema dan scopenya juga teknik parafrasa agar terhindar dari plagiarisme. Senada dengan sigit, narasumber terahir yang juga menjabat sebagai wakil rektor I bidang akademik dan kemahasiswaan Bapak Hamidullah Ibda., S.Pd. I., M.Pd menegaskan bahwasanya “Plagiarisme adalah tindakan yang setingkat dengan mencuri sehingga dengan adanya penerapan cek plagiasi mampu meningkatkan kualitas akademik mahasiswa dibidang karya tulis dalam menyelesaikan studinya.” Bebernya. (IN)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *