Hadirkan Dosen Tamu, Prodi PGMI Adakan Kuliah Virtual Islam Nusantara

PGMI INISNU Temanggung– Sebagai program tindak lanjut Mou antara INISNU Temanggung bersama UNSIQ Wonosobo. Prodi PGMI INISNU Temanggung menggandeng Bapak Muchtar S.Hidayat, M.Pd.I selaku Sekprodi sekaligus dosen PGMI UNSIQ Wonosobo sebagai pemateri dalam perkuliahan online pada mata kuliah Islam Nusantara yang dilaksanakan pada tanggal 14 dan 21 November 2022.

Perkulaihan dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting yang diikuti oleh mahasiswa PGMI INISNU Temanggung dan terdiri dari dua kelas. Dengan materi pokok pembahasan di pertemuan pertama yaitu asal muasal wayang hingga perkembangan juga pemanfaat wayang sekaligus nilai-nilai sosial dan spiritual yang disampaikan  secara apik dan menarik.

Kegiatan perkualian dilanjutkan pada pertemuan ke-2 dengan materi pembahasan akulturasi budaya dengan nilai-nilai ke-Islaman yang mampu didakwahkan melalui tradisi yang baik di masyarakat seperti acara tahlillah, yasinan, manakiban, dan lain-lain. Perkuliahan berjalan lancar dan membuka perhatian peserta Zoom Meeting tersebut ketika salah seorang mahasiswa bertanya bagaimana cara kita dalam menyikapi perbedaan pendapat yang masih mengundang berbagai kontroversi di masyarakat ini.

“Kita sebagai mahasiswa harus bersikap abai, abai di sini yaitu ketika kita sedang melaksanakan sesuatu selagi itu baik dan menghadirkan kemanfaatkan kenapa tidak ? maka siapapun yang melarang atau mengkritik dengan membid’ah-bid’ahkan ya biarkan saja toh kita tidak merugikan mereka.” Ujar Muchtar.

 “Mahasiswa begitu antusias dan semangat mengikuti perkuliahan ini, karena mereka dapat memperoleh banyak ilmu dan wawasaan saat perkuliahan bersama dosen tamu.” Lugas Fariza salah satu peserta perkualiahan tersebut.

Ibu Faizah., M.Pd, selaku Kaprodi PGMI INISNU Temanggung yang turut mendampingi dalam perkulaiahn tersebut mengatakan bahwa suasana perkuliahan berlangsung begitu asyik meskipun dilakukan secara virtual. “Senang rasanya bisa berkolaborasi dengan beliau Bapak Muchatar yang memiliki pemahaman yang luas terkait ilmu dan wawasan Islam Nusantara. Dan saya berharap kegiatan perkualiahan ini tidak hanya berjalan dimakul ini saja namun bisa berjalan untuk mata kuliah yang lain”Pungkasnya. (Isna/24/22)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *