Wawancara Angket Desa Krempong Guna Ketahui Data Lapangan Kasus Stunting

Pada hari Kamis, 8 Desember 2022 mahasiswa KKN INISNU Temangnggung melakukan observasi lanjutan di Desa Krempong terkait dengan data balita di desa tersebut. Sebelum obsevasi ini dilakukan, mahasiswa KKN melakukan diskusi terlebih dahulu dengan ormas yang bersangkutan. Dalam hal ini ormas yang menaungi adalah ibu kader posyandu.
Dalam melaukan observasi mahasiswa KKN di bagi menjadi 2 kelompok besar yang akan mengunjungi Dusun Krempong dan Dusun Campursari. Kelompok yang bertugas di Dusun Krempong berkumpul di rumah Kepala Dusun selanjutnya setelah diskusi dengan kader posyandu mahasiswa KKN didampingi home visit. Begitu pula di Dusun Campursari meeting point berada pada salah satu kader posyandu yang bernama Ibu Yani. Responden yang diperlukan merupakan keluarga yang memiliki balita.
Observasi dengan responden tersebut diharapkan diperoleh data yang akan membantu mahasiswa KKN terkait dengan tema KKN penurunan angka stunting di Temanggung. Sehingga mahasiswa KKN dapat membuat program kerja yang sesuia dengan kebutuhan masyarakat.
Faktor stunting dapat dikarenakan kawin bocah yang mana pada usia remaja organ reproduksi belum siap untuk kehamilan, sehingga berdampak pada janin. Selain itu faktor nutrisi yang kurang baik ketika masa kehamilan ataupun setelah lahir. Faktor yang lain dapat terjadi karena faktor ekonomi, dan pola pikir masyarakat sekita, serta faktor-faktor yang lainnya.
Alasan observasi dilaukan secara home visit supaya mahasiswa KKN mengenal lebih dekat dengan masyarakat sekitar, walaupun tidak semua rumah yang di masuki akan tetapi dari home visit yang dilakukan sedah memberikan gambaran tentang masyarakat Desa Krempong.
Selain melakukan home visit, mahasiswa KKN juga dikusi dengan perangkat desa terkait dengan kegitan Forum Group Discussion (FGD) yang akan diadakan di Desa Krempong. (Hesti/8/12)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *