KKN Wadas 2 Gaungkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Sosialiasi Kepada Komunitas Ibu Dawis Dusun Groboh, Wadas, Kandangan.

Mahasiswa KKN INISNU Temanggung yang bertempat di Desa Wadas, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bersama anggota Dawis Variasi Groboh, Desa Wadas, Kecamatan Kandangan. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Ahad, 17 Desember 2023 pukul 15.00 s.d. 17.00 WIB. Sosialisasi dilaksanakan dengan menjelaskan perilaku hidup bersih dan sehat serta dampak dari tidak menerapkan perilaku tersebut untuk mengurangi angka stunting. Selain itu, juga dijelaskan cara mencuci tangan yang benar dan syarat jamban yang sehat. Beberapa perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai upaya agar menjadi sehat dan aktif membantu kesehatan lingkungan disekitar.

Kegiatan yang melibatkan Shania Zulfa S.Tr.Kep. sebagai pemateri dan pendampingi tersebut mendapatkan respon dan antusias dari masyakarat hususnya kelompok ibu dawis. Sania dalam pemaparannya menjelaskan bahwa “Manfaat PHBS antara lain, setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, anggota keluarga giat bekerja”

Masih dalam pemaparannya, ia menjelaskan bahwa “Rumah Tangga Sehat adalah rumah tangga yang melakukan 10 PHBS di rumah tangga yaitu, 1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan; 2. Memberi ASI eksklusif; 3. Menimbang bayi dan balita; 4. Menggunakan air bersih; 5. Mencuci tangan dengan air bersih dan Sabun; 6. Menggunakan jamban sehat; 7. Memberantas jentik dirumah; 8. Makan buah dan sayur setiap hari; 10. Tidak merokok didalam rumah”.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan sebagai upaya pencegahan stunting yang hingga kini masih mendapatkan perhatian dan penanganan husus. Selain itu, juga sebagai tambahan wawasan kepada kelompok ibu dawis dusun groboh yang dalam kegiartan KKN ini menjadi komunitas dampingan yang akan berperan dalam mencegah stunting di dusun tersebut melalui perilaku hidup bersih dan sehat. Setelah adanya penyuluhan ini diharapkan kelompok dawis selalu berperan aktif menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari tataran rumah tangga.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari beberapa rangkaian program kerja PHBS yang diusung oleh mahasiswa KKN atas dampingan Ibu Faizah, S.Pd.I., M.Pd. selaku DPL KKN yang juga merupakan Ketua Prodi PGMI INISNU Temanggung. Sosialisasi ini merupakan langkah awal mealukan edukasi kepada komunitas dampingan dan akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan lain.

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di rumah Ketua Dusun Groboh dibuktikan dengan antusiasme bertanya dan sharing kegiatan sehari-hari. Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh kelompok Ibu Dawis, Kadus Groboh, Mahasiswa KKN dan beberapa lainnya yang turut serta mensukseskan kegiatan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *