Dorong Mahasiswa Gunakan Model Pembelajaran Inovatif, PGMI ISNISNU Temanggung Gelar Kuliah Tamu Dengan Institut Daarul Qur’an Jakarta

Semakin melejitnya teknologi pembelajaran menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. Guru dituntut untuk melek teknologi dan juga kreatif dalam menggunakan model pembelajaran untuk menciptakan suasana dan proses belajar mengajar yang menyenangkan.

Hal tersebut kemudian membuat Program Studi PGMI INISNU Temanggung terdorong dan berinisiatif mengadakan kuliah tamu / visiting lecture berkolaborasi dengan salah satu dosen sekaligus pakar dari PGMI Institut Daarul Qur’an Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari selasa 05 Desember 2023 tersebut merupakan implementasi sekaligus realisasi kerjasama antara PGMI INSINU Temanggung dan PGMI Institut Daarul Qur’an Jakarta. Kegiatan Kuliah tamu yang terintregrasi dengan mata kuliah peer teaching tersebut mengambil tema “Strategi Pengelolaan Kelas, Evaluasi dan Penilaian yang Kreatif, Efektif dan Inovatif di MI/SD”.

Pemateri pada kuliah tamu adalah Ibu Feny Nida Fitriyani, M.Pd. yang merupakan dosen PGMI Institut Daarul Qur’an Jakarta. Kegiatan yang dipandu oleh Dewi Indah Lestari mahasiswa PGMI INSINU Temanggung semester 5A dibuka dengan sambutan dari Ibu Eka Mahargiani Rokhma, M.Pd.I., selaku dosen pengampu mata kuliah peer teaching dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Program Studi PGMI INSINU Temanggung Ibu Faizah, S.Pd.I., M.Pd.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “Salah satu tujuan pelaksanaan kuliah tamu ini adalah untuk memberikan gambaran dan wawasan kepada mahasiswa yang nantinya sebagai calon pendidik di MI/SD terkait proses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Salah satunya melalui penggunaan model pembelajaran”. Beliau juga menegaskan bahwa “Jangan sampai mahasiswa PGMI tidak mengikuti perkembangan jaman, perkembangan teknologi yang semakin masif dan masih nyaman dengan pembelajaran konvensinonal. Karena banyak sekali strategi dan model yang dapat digunakan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan”.

Selanjutnya, pada kegiatan inti, Ibu Feny Nida membuka dengan permainan tebak gambar yang wajib dijawab oleh peserta kuliah umum. Beliau menyampaikan permainan ini sengaja didesain agar peserta (mahasiswa) tidak canggung dan bosan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 09.00-11.00 WIB tersebut.

Dalam pemaparannya, Ibu Feny menjelaskan bahwa “Guru jaman sekarang perannya bukan lagi sebagai penceramah, melainkan sebagai fasilitator. Guru dituntut untuk memberikan ruang kepada peserta didik untuk berkreasi, berpendapat dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Salah satunya adalah dengan mengimpelmentasikan model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan cara yang menyenangkan”.

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa “beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru atau calon guru (mahasiswa) antara lain; PBL, PjBL, Discovery Learning, Inquiry, LOK-R”. Kegiatan dilanjut dengan pemutaran vidio pembelajaran interaktif yang dilakukan oleh salah satu guru di satuan pendidikan yang dapat digunakan sebagai referensi  mahasiswa. Vidio ada pada link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=3N6UEfSmQwA. Pemateri juga memberikan kesempatan kepada peserta secara bergantian untuk membacakan materi yang ditampilkan untuk mencairkan suasana.

Pada penjelasan terakhir, beliau memaparkan tentang pengertian dan fungsi evaluasi. “fungsi evaluasi antara lain; untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan siswa setelah melakukan pembelajaran, untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran, untuk keperluan bimbingan dan konseling serta untuk keperluan pengembangan dan perbaikan kurikulum sekolah” Ujar Bu Feny

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kaprodi PGMI INSINU Temanggung Ibu Faizah, S.Pd.I., M.Pd., Ibu Eka Mahargiani Rokhma, M.Pd.I selaku dosen pengampu mata kuliah peer teaching, mahasiwa PGMI ISNISNU Temanggung semester 5 A/B, beberapa mahasiswa PGMI Institut Daarul Qur’an Jakarta semester 1 dan 3. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan cukup meriah yang dibuktikan dengan pertanyaan dan antusias dari seluruh peserta.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *