Kuatkan Kompetensi Profesional Guru Abad 21 Melalui Webinar Nasional Peringatan Hari Guru

Era abad 21 menuntut guru untuk adaptif dan memiliki 4 kompetensi agar dapat dikatakan sebagai guru profesional. Namun perubahan tersebut belum diketahui oleh semua mahasiswa ataupun guru. Hal tersebut kemudian menginisisasi Prodi PGMI UNUSIA berkolaborasi dengan PGMI UIN SATU dan PGMI INSINU Temanggung mengadakan webinar memperingati hari Guru Nasional bertajuk “Peningkatan Profesionalitas Guru Abad 21” Pada hari Minggu, 16 November 2023.

Adapun pemateri dalam ekgiatan tersebut adalah; Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO dari UIN Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, Nana Kristiawan, S.Pd., M.Si. dari UNUSIA, dan Faizah, S.Pd.I., M.Pd. dari PGMI INISNU Temanggung. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Katua Prodi PGMI UNUSIA, Ibu Asna Lutfa, S.Pd., M.Pfis, dalam sambutannya beliau mengingatkan kembali kepada seluruh peserta webinar bahwa guru memiliki 4 kompetensi yang wajib dikuasasi dan dikembangkan.

Kegiatan yang merupakan implementasi tindak lanjut kerjasama yang telah dilaksanakan oleh ketiga Perguruan Tinggi tersebut dilanjutkan dengan arahan dari Ketua PD PGMI Indonesia Dr. Andi Prastowo, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “Peringatan hari guru yang seharusnya dirayakan dengan suka cita ternyata maninggalkan seberkas keprihatinan terhadap guru honorer. Kesejahteraan yang mereka dapatkan belum sesusi dengan perjuangan, pengabdian dan dedikasinya”. Di akhir sambutan beliau menyampaikan  “Di era sekarang ini guru dituntut untuk adaptif, mengerti perkembangan jaman untuk bisa dikatakan profesional. Semua sudah serba canggih, berbeda dengan tahun dulu yang serba manual. Jangan sampai lulusan PGMI khususnya, tertinggal dan tidak mengikuti perkembangan jaman”.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO yang mengangkat tema “Book Creator sebagai media di abad 21”. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan “macam-macam jenis media pembelajaran, mulai non elektronik hingga elektronik. Salah satu media elektronik adalah berbasis digital. Media book creator adalah salah satu media yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat dan mengembangkan ide ataupun karya yang dimiliki”. Beliau juga memaparkan langkah-langkah penggunaan media tersebut.

Pada pemaparan materi kedua, Nana Kristiawan, S.Pd., M.Si yang mengangkat tema “Guru Profesional Abad 21” menjelaskan bahwa “abad 21 berbeda dengan abad-abad sebelumnya, dimana pada abad ini guru dituntut untuk melek teknologi. Guru dituntut untuk bisa berkolaborasi, bekerjasama dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, guru juga harus dapat mengembangkan 4 kompetensi guru agar dapat dikatakan guru profesional”.

Selanjutnya, materi terakhir dipaparkan oleh Faizah, S.Pd.I., M.Pd dari INISNU Temanggung. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan bahwa “Formulasi pendidikan sekarang dan dulu itu berbeda, pembelajaran abad 21 memiliki ciri khas pembelajaran berpusat pada siswa, terintergasi dengan teknologi abas 21, sumber belajar dapat dieksplor dari berbagai sumber melalui internet, mengedepankan pembelajaran kelompok, penilaian fokus pada 3 aspek, guru berperan sebagai fasilitator, belajar tidak terbatas ruang dan waktu”.

Masih lanjut, beliau Ibu Faizah, S.Pd.I., M.Pd menjelaskan bahwa “Guru harus memlakukan pembelajaran sesuai dengan jamannya siswa, bukan jamannya guru dulu. Karena perbedaannya sangat menonjol”.

Kegiatan berlangsung hingga pukul 12.00 WIB dan berjalan dengan lancar. Antusias peserta dan beberapa diantaranya sharing pengalaman mereka sebagai guru. Turut serta dalam kegiatan tersebut mahasiswa PGMI UNUSIA Jakarta, PGMI INSINU Temanggung, beberapa dosen dari luar dan praktisi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *