Tingkatkan Kemampuan Berbisnis Mahasiswa, Prodi PGMI dan PIAUD Gelar Workshop Kewirausahaan

Temanggung (02/2024). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) menggelar Workshop Kewirausahaan yang diselenggarakan secara daring dengan tema “ Strategi Sukses Bisnis Online Melalui E-Market”. Kegiatan tersebut merupakan dorongan kepada mahasiswa agar dapat mengikuti perkembangan dunia kewirausahaan di era perkembangan teknologi dan informatika. Selain itu, wirausaha menjadi profil lulusan bagi mahasiswa PGMI dan PIAUD yang perlu dikembangkan melalui kegiatan perkuliahan maupun pelatihan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 ini mengundang Taufik Nuryanto dari Departemen Kajian Potensi Start Up dan E-commerce HIPMI, kegiatan diikuti oleh mahasiswa PGMI dan PIAUD, kalangan dosen dan beberapa unsur lainnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berharap agenda tersebut bisa menjadi wadah pengembangan minat dan motivasi bagi mahasiswa dalam berwirausaha di tengah masifnya bisnis online. Selain itu, kegiatan ini sangat relevan untuk menunjang profil lulusan kedua Program Studi.

Mengenal Bisnis Online

Taufik Nuryanto memaparkan bisnis online sebagai aktivitas jual-beli yang dijalankan melalui media internet. Artinya, seluruh aktivitas bisnis, seperti jual-beli, layanan konsumen, marketing, dan sebagainya dilakukan secara online. Saat ini, banyak sekali platform jual beli online yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk berwirausaha, dapat melalui website, sosial media dan market place, seperti TikTok, Instagram, Facebook, Shopee, Lazada dan beberapa lainnya.

“Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal disesuaikan dengan keinginan pelaku usaha. Yang terpenting medianya ada, waktunya cukup, mau belajar dan mencoba, percaya diri, ada kemauan dan kegigihan dari diri sendiri. Bisa juga, satu usaha menggunakan beberapa platform”. Ujar Taufik Nuryanto.

Kelebihan Bisnis Online

Masih lanjut, beliau menjelaskan terdapat beberapa kelebihan bisnis online, diantaranya: tidak mengenal ruang dan waktu, tidak perlu banyak modal, tidak harus berasal dari sekolah bisnis, berpotensi mendapat pelanggan baru dengan mudah, hemat biaya operasional, produk mudah ditemukan, pangsa pasar yang luas, fleksibel, peluang usaha baru terbuka dengan lebar

Stategi Bisnis Online di Market Place

Pada pemaparan selanjutnya, Pemateri menjelaskan bahwa agar sukses melakukan bsnis online di market place ada beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh pemula ataupun mahasiswa, diantaranya: dekorasi toko harus menarik karena akan menarik minat pembeli, deskripsi harus menarik dan mudah dipahami, buat pilihan jasa kirim yang beragam, buat harga coret, buat promo secara rutin, promosikan lapak dan produk, memanfaatkan fiture-fiture market place, melayani pelanggan dengan baik, tunjukkan testimoni positif untuk pelanggan.

“Berbisnis itu harus full energi, full semangat dan full ide kreatif. Banyak kasus review kurang baik yang diberikan pelanggan, disini kita sebagai pelaku suaha harus bisa menganggapi dengan baik, tidak mudah terpancing emosi, dan harus bisa evaluasi dari masukan-masukan yang telah diberikan pembeli”.

Dalam berbisnis tentunya ada naik turunnya. Sehingga dibutuhkan evaluasi perjalanan bisnis yang dijalani. Setelah bisnis sudah berjalan, perlu pemikiran bagaimana bisnis tersebut bisa berkembang.

Dengan berlatar belakang alasan mayoritas mahasiswa terkendala dalam modal. Taufik menyarankan untuk berperan menjadi reseller, memanfaatkan map, dropship, dan masih ada banyak cara lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pukul 09.00-11.30 berjalan dengan lancar, banyak peserta yang antusias untuk bertanya dan sharing pengalaman berwirausaha yang telah ditekuni.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *