KMD PGMI INISNU Temanggung Diharapkan Cetak Pembina Pramuka Berkarakter dan Profesional

Temanggung, (02/2023) Salah satu strategi Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung untuk meningkatkan pengetahuan kepramukaan sekaligus untuk mencetak pembina pramuka yang berkarakter, profesional, kreatif dan handal adalah dengan melaksanakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) yang bekerja sama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Temanggung, dengan tema “Mewujudkan Generasi yang Berkarakter dan Bermanfaat Melalui Gerakan Pramuka”.

Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) dilaksanakan pada tanggal 29 Januari – 03 Februari 2024, kegiatan KMD ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan oleh Program Studi PGMI INISNU Temanggung. Sebagai salah satu luaran mata kuliah kepramukaan, kegiatan KMD menjadi wajib diikuti mahasiswa sebagai salah satu prasyarakat kelulusan dan syarat penilaian SKPI.

Kegiatan yang dilaksanakan di kampus INISNU Temanggung ini diawali dengan pembukaan pada hari pertama, yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan INISNU Temanggung, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Katua Prodi PGMI, Ketua Kwarcab Temanggung yang diwakili oleh Bapak Pasir, S.Pd., M.Si., Ketua Pusdiklatcab, Sekertaris Kwarcab, dan beberapa pelatih lainnya. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kak Pasir yang memberikan arahan dan semangat kepada seluruh peserta KMD. Dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan “KMD ini merupakan ilmu dasar pokok yang harus dimiliki oleh para pembina pramuka khususnya.sehingga saya harapkan semua peserta dapat mengikuti dengan semangat dan antusias”. Ujar Dekan FTK.

Kegiatan ini diikuti oleh 77 peserta, diantaranya berasal dari INISNU Temanggung, Universitas Muhammadiyah Purworejo, IKIP PGRI Wates Yogyakarta, beberapa dari unsur guru wilayah Temanggung (Candiroto, Tretep, dan beberapa lainnya). Kegiatan yang dilaksanakan selama 6 (enam) hari ini mendapatkan respon positif dari seganap civitas akademika INISNU Temanggung dan juga dari beberapa peserta dan pelatih. Yang menjadi berkesan dalam kegiatan ini salah satunya adalah malam api unggun yang dilaksanakan di halaman kampus INISNU Temanggung. Malam api unggun diisi dengan penampilan kreasi seni dari beberapa kelompok, sekaligus malam perenungan

Kegiatan ditutup pada hari sabtu yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Kaprodi PGMI, dan beberapa pelatih pramuka. Kegiatan penutupan diisi dengan penyampaian pesan dan kesan dari perwakilan peserta setiap wilayah, pelatih dan ketua prodi. Selanjutnya penyerahan piagam pengharagaan kepada 10 besar peserta berprestasi dan penyerahan kenang-kenangan dari PGMI INSINU Temanggung kepada Kwarcab Temanggung.

Adanya KMD ini diharapkan mampu mewujudkan pembina pramuka yang aktif dan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman serta mampu menerapkan Tri Bina Pramuka.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *