Perkuat Riset dan Praktisi Akademik, PGMI INISNU TemanggungAdakan KKL

Program Studi PGMI Fakultas Trabiyah dan Keguruan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Sekolah Tumbuh 1 Yogyakarta pada 25/1/23. KKL sendiri merupakan mata kuliah wajib non-teori dengan bobot 2 SKS.Tujuan KKL sendiri, tahun ini disepakati dilaksanakan di sekolah berbasis inklusi. Kuliah Kerja Lapangan sebagai bentuk perkuliahan yang dilalsankan secara eksternal melalui kolaborasi dengan lembaga mitra.

SD Tumbuh 1 sebagai destinasi program KKL 2023 ini merupakan kampus Tumbuh yang pertama. Berdiri sejak tahun 2005 dan menempati cagar budaya di Yogyakarta, SD Tumbuh 1 menerapkan semangat pendidikan untuk semua (education for all), menghargai dan menghormati perbedaan, tumbuh dalam keberagaman agama, ekonomi, sosial, budaya, serta kebutuhan individual.

Program KKL PGMI INISNU Temanggung di SD Tumbuh 1

Keunikan tersebut kemudian menjadi alasan Prodi PGMI memilih sekolah tersebut.Faizah, Ketua Prodi PGMI menyampaikan “Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Program Studi PGMI tahun ini memiliki konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya, adapun konsep Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun ini adalah berbasis riset dengan tema “ Sinergi dan Kolaborasi Riset Akademisi dan Praktisi Dalam Bidang Inklusi Pendidikan Dasar” . Sehingga didalamnya terdapat kolaborasi riset antara mahasiswa, dosen dan juga pendidik di sekolah tersebut.

Tujuan akhir riset ini adalah terpublikasi pada jurnal bereputasi skala nasional ataupun international”. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 5 dan sebagian mahasiswa semester 3, dengan jumlah peserta 34 mahasiswa. Selain itu, segenap dosen PGMI juga turut mendampingi pelaksanaan KKL pada tanggal tersebut. Kegiatan dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh Ibu Keke dari sekolah tumbuh, dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan sekolah tumbuh (ibu Widy selaku Head of CSIE) dan Prodi PGMI oleh Ibu Faizah.

Kegiatan dilanjut dengan observasi pembelajaran, lingkungan, dan wawancara dengan masing2 koordinator yang sudah disesuaikan tema masing-masing kelompok dengan kepakaran masing-masing. Kegiatan diakhiri dengan penandatangan MoU, MoA, oleh Andrian Gandi Wijanarko selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung bersama head Of CSIE, penyerahan kenang-kenangan oleh Ibu Faizah kepada Ibu Puspa Selaku Kepala Sekolah Tumbuh 1.“

Semoga kegiatan KKL ini menjadi awal realisasi dari kerjasama antara PGMI INISNU dan Yayasan Tumbuh, dan harapannya kerjasama bisa berkelanjutan” Ujar Andrian Gandi Wijanarko.Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut seganap dosen PGMI Bapak M. Fadloli Al-Hakim, Bapak Abdul Qofin, Ibu Eka Mahargiani Rokhma, perwakilan dari Prodi PIAUD Ibu Yenni Aulia Rachman, perwakilan dari MI Elpist Bapak M. Ulfi Fadli.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *