Cetak Karakter Pembina Kreatif, PGMI INISNU Temanggung Adakan Kegiatan KMD

Cetak Karakter Pembina Kreatif, PGMI INISNU Temanggung Adakan Kegiatan KMD

Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan karakter Pembina Pramuka, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung menyelenggarakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi mahassiwa selama enam hari mulai tanggal 7 Agustus sampai 12 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti 39 mahasiswa PGMI INISNU Temanggung dan 4 mahasiswa PGSD UNIMMA.
KMD merupakan capaian akhir mata kuliah kepramukaan yang menjadi mata kuliah pilihan di PGMI INISNU Temanggung, juga distingsi Prodi PGMI dengan prodi lainnya yang berada di lingkungan INISNU Temanggung. Nantinya, ijazah KMD menjadi syarat wajib pendaftaran ujian munaqosah bagi mahasiswa PGMI.
Pembina KMD berasal dari Tim Pelatih Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (PUSDIKLATCAB) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Temanggung. Kegiatan KMD dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Andrian Gandi Wijanarko. Dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangatlah penting untuk bekal mahasiswa yang nantinya akan menjadi guru di sekolah-sekolah dasar. Selain itu beliau juga menyampaikan sebagai kader pramuka INISNU Temanggung harus dapat mengimpelementasikan juga nilai aswaja an-nahdliyah sebagai penciri institut.
“Saya sangat mendukung penuh adanya acara KMD ini. Saya berharap, seluruh peserta kegiatan KMD khsusunya mahasiswa PGMI sebagai calon pendidik dapat menjadi kader pendamping yang handal, berkarakter dan mampu mengambangkan nilai-nilai aswaja an-nahdliyah,” Ungkap Gandi.
Sementara itu selaku Ketua Program Studi, Faizah berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membentuk para peserta agar memiliki kepribadian dan karakter yang kreatif, profesional dan berakhlak mulia. Agar dapat menjadi suri tauladan untuk peserta didik.
“Kegiatan ini menjadi bekal bagi mahasiswa PGMI yang nantinya akan menjadi pendidik di lingkungan sekolah dasar ataupun madrasah. Harapannya tidak hanya menjadi guru, namun mahasiswa PGMI nantinya juga menjadi pembina pramuka yang berkarakter, kreatif dan profesional. Yang dapat menjadi suri tauladan untuk peserta didiknya. Itulah yang membedakan mahassiwa PGMI dengan mahasiswa prodi lainnya” Ujar Faizah.
Kegiatan ini dilaksanakan di gedung pascasarjana INISNU Temanggung, dimulai pukul 08.00 hingga 16.00. Kegiatan berjalan lancar selama 6 hari, dan semua peserta dinyatakan lulus dalam kegiatan KMD.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *