Kembangkan Pengetahuan Sains, Mahasiswa PGMI Semester 2 Berkunjung Ke Taman Ikan Bojong

Mahasiswa semester 2 (dua) Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung mengadakan kunjungan dan penelitian ke Taman Ikan Bojong Mungkid Magelang pada Rabu, 31 Mi 2023, dengan jumlah peserta 16 mahasiswa dan 1 (satu) Dosen pendamping Matakuliah IPA MI/SD yaaitu Ibu Eka Mahargiani Rokhma, M.Pd.I. Kunjungan tersebut merupakan kegiatan integral dengan perkuliahan dan merupakan bagian dari outing class. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengembangkan pengetahuan mahasiswa terkait pemahaman sains khususnya melalui pemeliharaan ikan. Selain itu, untuk mengetahui berbagai jenis ikan dan cara merawatnya.

Dalam kegiatan tersebut sangat menarik karena didampingi secara langsung oleh Bapak Yusuf (pemandu).Dalam kegiatan obeservasi tersebut, beliau Bapak Yusuf menjelaskan tentang berbagai macam spesies ikan serta mengenalkan hewan bulus dengan spesies Amyda Cartilaginea. Spesies ini sejenis labi-labi atau kura-kura bertumpu lunak dan uniknya spesies ini sekali makan bisa menghabiskan 1 Kg lele. Selain dikenalkan berbagai jenis ikan, mahasiswa juga diajak menikmati terapi ikan garra atau chinchin. Terapi ini sangat bermanfaat untuk melancarkan siklus darah, mengangkat sel-sel kulit mati, mengatasi stres, dan bahkan menghilangkan bakteri.

Kegiatan dilanjutkan dengan berkunjung ke pasar Ikan Bojong yang berada di kawasan taman ikan. Dilanjutkan dengan praktik dan penelitian melalui pembedahan untuk mengetahui organ dalam ikan sekaligus diksusi dan tanya jawab. Mahasiswa sangat antusias dalam kegiatan tersebut, dibuktikan dengan atensi saat melakukan diskusi, penelitian serta observasi.“Saya berharap dari kegiatan outing class ini selain menambah wawasan mahasiswa juga agar pembelajaran sains ini tidak monoton di dalam kelas seperti yang sudah-sudah. Sehingga tujuan dari kunjungan ke taman ikan bojong ini beragam, yaitu pembelajaran, berwisata dan juga menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap sains dan alam sekitar”. Ujar Ibu Eka Mahargiani Rokhma, M.Pd.I selaku dosen pengampu mata kuliah IPA MI/SD.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *