Prodi PGMI INISNU Temanggung Gelar Kuliah Dosen Tamu Mata Kuliah Pendidikan Inklusi

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) INISNU Temanggung adakan kuliah dosen tamu mata kuliah Pendidikan Inklusi bersama beberapa pengajar dari SD Tumbuh Yogyakarta secara daring melalui zoom meeting. Perkuliahan tersebut dilaksanakan selama beberapa pertemuan dan diikuti oleh mahasiswa semester 4 (empat) A dan 4 (empat) B (03/ 03/ 2023).

Perkuliahan Pendidikan Inklusi pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 didesain berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perkuliahan ini dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama antara PGMI FTK INISNU Temanggugn dengan SD Tumbuh. Adapun pengajar dari SD Tumbuh yang terlibat dalam perkuliahan ini antara lain; Sri Rahayu Widyastuti, S.Psi., Khristina Antariningsih, S.S., Wresti Wrediningsih, M.Psi.. (Psikolog) dan Christmas Astriani, M.Pd.

Materi perkuliahan pada pertemuan pertama yaitu penjelasan terkait karakteristik pendidikan inklusi, kompetensi guru inklusi, dan beberapa materi lainnya. “Kompetensi yang harus dimiliki guru inklusi sama saja dengan guru pada umumnya, akan tetapi guru inklusi harus memiliki pamahaman dan kapabilitas terhadap siswa inklusi”. Ujar Khristina saat menjelaskan dalam proses perkuliahan.

Masih lanjut, ibu khristina menjelaskan kembali “kompetensi kepribadian diantaranya berakhlak mulia, mantap, arif dan bijaksana, berwibawa, stabil, dewasa, jujur, menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat, secara obyektif mengevaluasi kinerja sendiri, serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan”.

Perkuliahan dosen tamu ini dilaksanakan setiap hari selasa sesuai jadwal mata kuliah selama 5 kali pertemuan. “Semoga mahasiswa bisa memanfaatkan ilmu dan memupuk kreativitas sebagai bekal untuk menjadi guru Madrasah Ibtidaiyah khususnya pada muatan pendidikan inklusi. Ilmu tersebut dapat dipadukan dengan pengalaman kontekstual sehingga benar-benar beemanfaat bagi mahasiwa. Jalinan kerja sama semoga tidak berhenti hanya sampai di perkuliahan ini dan berlanjut pada mata kuliah lainnya di semester yang akan datang” Pungkas Faizah, Ketua Prodi PGMI

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *