Mahasiswa PGMI INISNU Temanggung Kembangkan WawasanIPS melalui Kuliah Lapangan Ke Museum Kereta Api dan Rawa Pening

Enam belas mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester 3 Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung melaksanakan kuliah lapangan ke Museum Kereta Api Ambarawa dan wisata Rawa Pening, Rabu (27/12/2023). Rombongan yang dipimpin oleh Ibu Farinka Nurrahmah Azizah, M.Pd. berangkat pukul 08.55 dari kampus INISNU Temanggung menggunakan bis kampus.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari perkuliahan mata kuliah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Lanjutan.

Sesampainya di Ambarawa pukul 10.00 WIB, rombongan langsung menuju Museum Kereta Api untuk menyaksikan koleksi-koleksi lokomotif uap zaman Belanda. Kami dapat melihat berbagai lokomotif uap kuno buatan pabrik-pabrik di Eropa yang kini dipamerkan di museum. Salah satu yang menarik perhatian adalah lokomotif uap tipe C2836 buatan Hanomag Jerman tahun 1928 yang masih bisa beroperasi. Beberapa mahasiswa sempat mencoba menaiki dan berfoto di kereta uap kuno yang sudah tidak beroperasi lagi

Beberapa mahasiswa menuturkan antusias mengikuti kegiatan ini. Seperti diutarakan oleh salah satu peserta bernama Anisa, kuliah lapangan ini sangat bermanfaat untuk memperdalam pemahaman terhadap materi ips.

“Saya jadi lebih paham bagaimana sejarah dan perkembangan transportasi di Indonesia setelah mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa. Banyak info dan benda-benda bersejarah yang saya dapatkan di sana,” ujar Anisa.

Senada dengan itu, mahasiswa lain juga mengaku puas mengikuti agenda kuliah lapangan kali ini.

“Harapannya sih kegiatan studi lapangan seperti ini bisa lebih sering dilakukan sehingga kami tidak bosan belajar di kelas terus. Jadi semacam refreshing tapi tetap dalam nuansa akademik dan edukatif,” harap Iqbal.

Setelah makan siang dan puas mengelilingi museum, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Rawa Pening sekitar pukul 12.30 WIB. Di Rawa Pening yang merupakan danau alami terluas di Jawa Tengah ini kami menikmati wisata air menggunakan perahu motor selama kurang lebih 30 menit untuk mengelilingi danau. Mereka sangat menikmati pemandangan indah dengan latar pegunungan yang mengelilingi danau. Selain menikmati keindahan danau, kami juga diberi penjelasan mengenai habitat dan ekosistem Rawa Pening oleh pemandu wisata setempat.

Ibu Farinka selaku dosen pengampu sangat mengapresiasi antusiasme mahasiswa dalam mengikuti agenda kuliah lapangan.

Setelah lelah beraktivitas seharian, rombongan kembali menuju kampus INISNU Temanggung sekitar pukul 17.00 WIB dan sampai di kampus pukul  dengan selamat. Meskipun melelahkan, kunjungan museum dan danau ini memberi banyak manfaat bagi wawasan kami terutama terkait sejarah perkeretaapian dan kearifan lokal di tanah Jawa. Semoga kegiatan serupa dapat diadakan lagi di masa mendatang.

Kunjungan studi ini bertujuan memperluas wawasan mahasiswa PGMI INISNU Temanggung serta sebagai ajang refresh di tengah kesibukan perkuliahan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *