KKN INISNU Temanggung Galakkan Edukasi Parenting Melalui Sosialisasi Di Dusun Semawen

Ternyata belum semua orang tua memiliki pemahaman mendalam terkait pola asuh yang baik. Banyak dari orangtua menerapkan pola asuh jaman dahulu. Dampaknya, banyak orangtua yang tidak mengertahui strategi mendidik, mengasuh hingga pola makan yang baik untuk anak. Masalah tersebut menjadi salah satu faktor terjadinya stunting.

Berkaitan dengan masalah tersebut, Pada tanggal 24 Desember 2023, tim KKN INISNU Temanggung melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK di Dusun Semawen, Desa Wadas, Kecamatan Kandangan terkait P3A ( (Pengasuhan, Pembimbingan, dan Pendidikan Anak) dalam pencegahan stunting. Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan pada hari minggu tepatnya pukul 13. 30 – 15.00 WIB. Kegiatan diikuti oleh kader ibu-ibu PKK, dan didampingi oleh Mar’ah Maskanah, A.Md.Kep.

            Kegiatan dimulai dengan arahan dan  edukasi terkait Pengasuhan, Pembimbingan, dan Pendidikan Anak, serta penjelasan mengenai pola asuh terhadap anak, terutama pada pemberian gizi seimbang kepada anak dan cara pembimbingan serta pendidikan anak untuk memunculkan perhatian orang tua terhadap pola asuh yang salah satunya menjadi penyebab stunting di dusun semawen. “yang ditekankan dalam perubahan perilaku berkaitan dengan pencegahan stunting adalah pola asuh, pola konsumsi, kebersihan diri dan lingkungan, sosial budaya, serta ekonomi keluarga” kalimat penting dari penjelasan pemateri.

            “Stunting tidak melulu mengenai anak, tetapi juga mengenai pola asuh orang tua” Ujar Maret’ah Maskanah memberikan penekanan. “Pola asuh orang tua atau cara pengasuhan untuk pencegahan stunting kepada anak, melalui  Ibu-ibu PKK agar dapat memenuhi kebutuhan balita maupun anak-anak. Hal ini dapat dilakukan dengan memenuhi gizi makro dan gizi mikro, memenuhi protein hewani, sayur dan buah, serta peningkatan kualitas pendidikan”.

 Dalam sosialisasi ini diharapkan para orang tua melek terhadap kesehatan, perkembangan dan pertumbuhan anak. Terutama pada gizi anak seimbang yang berkaitan dengan pertumbuhan dan kecerdasan anak. Upaya pencengahan stunting melalui gerakan P3A ini sangat di perlukan guna mensadarkan dan merubah pola pikir masyarakat dusun semawen yang berkaitan dengan  pola asuh dan pendidikan terhadap anak.

            Kegiatan yang terealisasi melalui pendampingan Ibu Faizah, S.Pd.I., M.Pd. selaku dosen pembimbing seklaigus ketua program studi PGMI ini mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat khususnya. Selain itu,  kegiatan sosialisasi ini juga menjadikan tambahan wawasan kepada Ibu-ibu PKK dan masyarakat sekitar yang berkaitan dengan Pengasuhan, Pembimbingan, dan Pendidikan Anak orang tua. Dalam kegiatan KKN ini menjadi komunitas pendampingan yang berperan dalam mencegah stunting di dusun tersebut melalui kegiatan edukasi pola asuh orang tua. Setelah adanya penyuluhan ini diharapkan kelompok Ibu-ibu PKK selalu berperan aktif dalam menerapkan P3A di kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *