Prodi PGMI dan PIAUD Bekali Peserta KKL Tentang Strategi Menyusun dan Publish Karya Ilmiah di Jurnal

Pada hari senin tanggal 08 Januari 2024 pukul 09.30-12.00 prodi PGMI bersama dengan PIAUD mengadakan pembekalan kegiatan KKL bagi peserta (mahasiswa). KKL merupakan kepanjangan dari Kuliah Kerja Lapangan yang merupakan mata kuliah Wajib non teori dengan bobot 2 SKS. KKL menjadi penting dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 5. Tujuan KKL salah satunya adalah memberikan gambaran nyata kepada mahasiswa terkait praktik pembelajaran yang ada di lembaga tujuan, sekaligus mempraktikkan teori yang telah mereka dapatkan di bangku perkuliahan.

KKL Tahun ini dilaksanakan di SD dan TK Labshool UNNES Semarang. Kegiatan yang mengusung tema “Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran” tersebut diikuti 39 peserta mahasiswa dan 13 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Prodi PGMI dan PIAUD. Kegiatan KKL tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini kegiatan KKL dilaksanakan serentak bersama dengan Prodi PIAUD meskipun konsep tidak berubah, yaitu KKL berbasis Riset.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ibu Farinka Nurrahmah Azizah, M.Pd selaku ketua panitia KKL tahun 2024. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan beberapa informasi , “KKL tahun ini dilaksankan di SD dan TK Labschool UNNES dengan tema pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. KKL dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2024. Harapannya, seluruh peserta dapat belajar sebaik mungkin dan mengambil pengalaman dari kegiatan tersebut. Selain itu, KKL berbasis riset ini dapat dipelajari penuh oleh seluruh peserta dan DPL agar dapat merealisasikan konsep yang telah dirancang” Ujar beliau dalam sambutannya.

Selanjutnya, bapak Andrian Gandi Wijanarko, M.Pd., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung juga memberikan sambutan dan arahan dalam kegiatan pembekalan KKL yang dilaksanakan melalui daring zoom meeting. “KKL berbasis riset pada tahun lalu telah diterapkan oleh prodi PGMI, namun seperti menjadi konsep baru bagi prodi PIAUD. Sehingga dalam hal ini penting bagi peserta dan juga DPL mempelajari lebih detil terkait konsep riset tersebut. Selanjutnya, penting juga bagi kelompok dan masing-masing DPL menyusun dan menyiapkan instrumen pengumpulan data yang akan menjadi acuan saat di lapangan” Ungkap beliau pada sambutannya.

Kegiatan yang dipandu oleh Trifka Dila Fadhilah sebagai MC dan moderator tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Bapak Hamidulloh Ibda, M.Pd. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan sekaligus dosen PGMI INISNU Temanggung. Materi yang disajikan berkaitan dengan teknik mengumpulkan ide, teknik menyusun judul, menyusun artikel serta teknik submite artikel pada jurnal bereputasi. Beberapa point yang disampikan beliau saat memaparkan materi adalah “poin yang paling rumit dalam menyusun artikel jurnal adalah pada latar belakang masalah. Banyak mahasiswa yang belum bisa membedakan latar bekalang masalah dengan kajian teori. Dalam latar bekalang masalah tidak perlu membahas banyak hal terkait definisi operasional, cukup dijelaskan terkait kesenjangan antara teori yang dikaji dengan kenyataan yang di lapangan.”

Masih lanjut, beliau juga memberikan contoh artikel yang telah dimuat di salah satu jurnal ternama dan menjelaskan ulang teknik menyusun latar belakang maslaha, metode, hasil penelitian dan pembahasan hingga simpulan. Hal tersebut memudahkan mahasiswa karena diberikan contoh secara konkrit.

Kegiatan yang juga diikuti oleh seluruh DPL dari Prodi PGMI INSINU Temanggung beserta DPL Prodi PIAUD INISNU Temanggung, mahasiswa PGMI dan PIAUD berjalan lancar hingga pukul 12.00. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan ditutup dengan bacaan hamdalah. Sesi terakhir, kegiatan diisi dengan koordinasi mahasiswa bersama DPL yang dilakukan masing masing-masing room yang telah disediakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *