PGMI dan PIAUD Belajar Tentang Teknologi Pembelajaran Melalui Kegiatan KKL

Kamis 11 Januari 2024 merupakan hari yang sangat berkesan bagi Program Studi PGMI dan PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung. Pada tanggal tersebut, kedua Prodi melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Labschool UNNES Semarang. Kegiatan tersebut mengambil tema “Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran”.

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Merupakan mata kuliah wajib non teori dengan bobot 2 SKS. Sehingga pelaksanaannya didesain kunjungan atau study banding pada lembaga formal ataupun non formal yang telah disesuaikan dengan profil lulusan Prodi. Konsep KKL tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu KKL berbasis riset. Setiap kelompok beserta DPL telah mengambil tema yang disesuaikan dengan kepakaran dosen namun tidak keluar dari tema besar KKL, yaitu tentang teknologi pembelajaran. Subjek yang akan diobservasi juga telah ditentukan oleh Ketua Prodi dan disetuji oleh pihak SD dan TK Labcshool UNNES.

Persiapan perjalanan menuju Labschool UNNES pada pukul 05.00 WIB dan keberangkatan pukul 08.30. Sesampainya di lokasi, peserta diarahkan menuju aula SD Labschool UNNES, kegiatan coffe break dan dilanjutkan kegiatan observasi pembelajaran. Observasi dilaksanakan sesuai kelompok dan DPL . Pada kegiatan observasi, setiap kelompok bersama DPL masing-masing mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas, mengamati, mendokumentasikan dan diakhiri dengan wawancara. Adapun pembagian lokasi Observasi, mahasiswa dan dosen PGMI melakukan observasi di SD Labschool sedangkan mahasiswa dan dosen PIAUD di TK Labschool UNNES.

Data yang didapatkan dari observasi dan wawancara nantinya diolah dan dikembangkan menjadi laporan artikel Jurnal. Artikel jurnal sendiri merupakan capaian atau luaran dari kegiatan KKL tahun ini, sehingga dalam praktiknya peserta KKL selain belajar pengelolaan dan teori juga diwajibkan mengumpulkan data.

Kegiatan berikutnya adalah ceremony , sambutan dari perwakilan Labschool UNNES dan sambutan dari Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan dan izin yang diberikan pihak labschool UNNES kepada peserta KKL INISNU Temanggung. Selanjutnya, beliau menjelaskan bahwasanya selain untuk menjalin kerjasama, KKL juga bertujuan untuk pengembangan kompetensi pedagogy mahasiswa. Selain itu, konsep KKL berbasis riset ini memang berbeda dengan KKL lainnya. Disinilah nantinya salah satu bentuk kerjasama dituangkan, yaitu melibatkan guru kelas sebagai penulis pada artikel yang akan disusun. Hal-hal yang didapatkan dari kegiatan ini, nantinya juga menjadi informasi dan wawasan baru untuk masing-masing Prodi, karena kebetulan dua prodi ini sama-sama diamanahi untuk mengelola Labschool Elpist.

Kegiatan yang dilasanakan berkolaborasi dua Program Studi tersebut dilanjutnkan dengan penandatangan dokuemen kerjasama antara PGMI dan PIAUD INISNU Bersama dengan Labschool UNNES, penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. Pada sesi terakhir, kegiatan diisi dengan diskusi bersama masing-maisng pendamping, berkaitan dengan tema riset, manajemen labschool, perkembangan labschool dan lainnya. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswan INISNU Temanggung, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Kaprodi PGMI, Kaprodi PIAUD, Dosen PGMI dan PIAUD, Kepala MI Elpist, Kepala TK dan PAUD Elpist, Guru kelas 1 dan 2 MI Elpist dan beberapa guru PAUD dan TK Elpist.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *